Jumat, 30 Desember 2011

Hasil Analisis Evaluasi Pembelajaran Matematika

BAB I
PENDAHULUAN

Larat Belakang
Kecenderungan anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, oleh kaena itu diadakan tes analisis ini agar guru mengetahui sebagaimana kemampuan siswa terhadap pelajaran MATEMATIKA ini. Agar guru juga dapat mengoreksi mana pelajaran yang baik dicapai dan susah untuk dicapai, serta guru dapat membimbing siswa lebih baik lagi untuk mengajarkan materi yang akan dicapainya.
Tujuan Analisis
Untuk mengetahui tingkat kesukaran.Untuk mengetahui tingkat kesukaran soal sehingga dapat diperoleh informasi soal-soal mana yang termasuk mudah, sedang dan sukar.
Untuk mengetahui daya pembeda soa, sehingga dari tes tersebut bisa membedakan siswa yang termasuk dalam kategori rendah dan kategori tinggi.
Untuk mengetahui validitas soal dan validitas soal.
Untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam petunjuk soal. Format penulisan soal serta keterangan soal yang dibutuhkan bagi penyusun butir soal.
Manfaat Analisis
Mahasiswa
Terampil dalam merancang soal
Trampil menganalisis butir soal
Mengetahui kualitas butir soal yang telah dibuat
Sekolah
Mengetahui sejauh mana siswa menguasai pelajaran yang telah disampaikan.
Menilai kemampuan belajar.
Mengetahui siswa mana yang dapat menguasai pelajaran dan mana yang belum menguasai pelajaran.





BAB II
T E O R I

Validitas
Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan suatu alat ukur dalam mengukur data.
Mengukur apa yang seharusnya diukur.
Sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu instrumen pengukuran dalam melakukan fungsi ukurnya.
Untuk mengetahui validitas suatu instrumen dilakukan dengan cara melakukan antar skor masing-masing variabel dengan skor totalnya. Suatu variabel ( pertanyaan ) dikatakan valid jika skor variabel tersebut berkolerasi secara signifikan dengan skor totalnya.
Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi Pearson product moment:
r_(xy = (N∑▒〖XY-(∑▒X) 〗(∑▒Y))/√({N∑▒X^2 -(〖∑▒X)〗^2 }{N∑▒〖Y^2-(∑▒〖Y)〗^2 〗} ))
Dimana :
r_(xy =) koefisien korelasi antara variable X dan variable Y, dua variable yang dikorelasikan
Keputusan uji:
Bila r hitung > r tabel maka Ho ditolak artinya variabel valid
Bila r hitung < r tabel maka Ho gagal ditolak artinya variabel tidak valid
r_hit = r_(xy√((n-2))/√((1-〖r_xy〗^2))
Reabilitas
Sejauh mana dapat dipercaya bila dilakukan pengukuran pada waktu yang berbeda pada kelompok subjek yang sama diperoleh hasil yang relatif sama asalkan aspek yang diukur dalam diri subjek belum berubah.
Pertanyaan dikatakan reliabel jika jawaban seseorang terhadap pertanyaan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu.


Teknik yang dipakai untuk menghitung reabilitas diantaranya:
Mencari reabilitas tes bentuk item dengan rumus Hoyt
Rumusnya adalah:
r_11 = 1 - Vs/Vr atau r_11 = (Vr-Vs)/Vr
Keterangan:
r_11 = Reabilitas seluruh soal
Vr = Varians responden
Vs = Varians sisa
Langkah 1. Mencari jumlah kudrat responden dengan rumus:
〖 Jk〗_((r)) = (∑▒x_t^2 )/k – 〖(∑▒〖X_t)〗〗^2/(k x N)
Keterangan:
Jk_((r)) = Jumlah kuadrat responden
〖 X〗_t = Skor total tiap responden
k = Banyaknya item
N = Banyaknya responden atau subjek
Langkah 2. Mencari kuadrat item dengan rumus:
Jk_((i)) = (∑▒X^2 )/N – 〖(∑▒〖X_t)〗〗^2/(k x N)
Keterangan:
〖 Jk〗_((i)) = Jumlah kuadrat item
∑▒B^2 = Jumlah kudrat jawab benar seluruh item
〖(∑▒〖X_t)〗〗^2 = Kuadrat dari jumlah skor total


Langkah 3. Mencari kuadrat total dengan rumus:
Jk_((t)) = ((∑▒〖B)(〗 ∑▒〖S)〗)/((∑▒B)+(∑▒〖S)〗)
Keterangan:
Jk_((t)) = Jumlah kuadrat soal
∑▒B = Jumlah jawab benar seluruh item
∑▒S = Jumlah jawab salah seluruh item
Langkah 4. Mencari kudrat sisa dengan rumus:
Jk_((s)) = Jk_((t)) - Jk_((r)) - Jk_((i))
Langkah 5. Mencari varians responden dan varians sisa dengan tabel F.
Dengan mencari varians ini diperlukan d.b ( derajat kebebasan ) dari masing-masing sumber varians kemudian d.b ini digunakan sebagai penyebut terhadap setiap jmlah kuadrat untuk memperoleh variansi.
d.b = banyaknya N setiap sumber variansi dikurangi 1.
Jadi variansi = (jumlah kuadrat)/(d.b)
Langkah 6. Memasukkan ke dalam rumus r_11
Mencari reabilitas bentuk uraian dengan rumus Alpha
Rumusnya adalah:
r_11 = ( n/((n-1)) )( 1 - (∑▒σ_t^2 )/(σ_t^2 ) )
Di mana :
r_11 = Reabilitas yang dicari
∑▒σ_t^2 = Jumlah varians tiap-tiap item
σ_t^2 = Varians total

Rumua varians:
σ^2 = (∑▒〖X^2- 〖(∑▒〖X)〗〗^2/N〗)/N
Tingkat Kesukaran
Ditentukan oleh perbandingan antara banyaknya siswa yang menjawab soal itu benar dengan banyaknya siswa yang menjawab butiran soal itu.
Rumus tingkat kesukaran untuk soal pilihan ganda :
Siswa > 30, Jsa 27% dan Jsb 27%
Siswa < 30, Jsa 50% dan Jsb 50%

TK= (JBa+JBb)/(JSa+JSb)

Dimana :
JBa = Jumlah siswa kelas atas yang menjawab benar
JBb = Jumlah siswa kelas bawah yang menjawab benar
JSa = Jumlah seluruh siswa kelas atas
JSb = Jumlah seluruh siswa kelas bawah

Rumus tingkat kesukaran untuk soal essay :
TK = X ̅/SMI
Dimana :
X ̅= Rata-rata tiap butir soal
SMI = Skor maksimum ideal
TK = 0.00 terlalu sukar
0.00< TK £ 0.30 sukar
0.30 < TK £ 0.70 sedang
0.70 < TK < 1.00 mudah
TK = 1.00 terlalu mudah
Daya pembeda
Korelasi antara skor jawaban terhadap sebuah butiran soal dengan skor jawaban keseluruhan.
Rumus daya pembeda untuk soal pilihan ganda :
DP = (JBa-JBb)/JSa
Dimana :
JBa = Jumlah siswa kelas atas yang menjawab benar
JBb = Jumlah siswa kelas bawah yang menjawab benar
JSa = Jumlah seluruh siswa kelas atas atau bawah.

Rumus yang digunakan untuk soal essay :
DP = (X ̅A- X ̅B )/SMI
Dimana :
(X ) ̅A = Rata-rata skor kelompok atas
(X ) ̅B = Rata-rata skor kelompok bawah
SMI = Skor maksimum ideal pada tiap butir soal
Faktor Pengecoh
Efektif bila :
Jpa + JPb ≥ 1/4 {(JSa+JSb)/(2(n-1))}
Dimana :
n = Banyak option
JPa = Jumlah siswa kelompok atas yang memilih option pengecoh
JPb = Jumlah siswa keompok bawah yang memilih option pengecoh




BAB III
PEMBAHASAN

Evaluasi Pendidikan
Pengertian Evaluasi
Menurut Ralph Tyler (1950) yang dimaksud dengan Evaluasi adalah merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan apa sebabnya. Definisi lain juga dikemukakan oleh Cronbach dan Stufflebeam bahwa proses evaluasi bukan sekedar mengukur sejauh mana tujuan tercapai, tetapi digunakan untuk keputusan.
Tujuan Evaluasi
Ada berbagai cara guru untuk mengadakan seleksi atau penilaian terhadap siswanya. Penilaian itu sendiri mempunyai berbagai macam tujuan, yaitu :
Untuk memilih siswa yang dapat diterima si sekolah tertentu.
Untuk memilih siswa yang dapat naik ke kelas atau tingkat berikutya.
Untuk memilih siswa yang seharusnya mendapat beasiswa.
Untuk memilih siswa yang sudah berhak meninggalkan sekolah, dan sebagainya.
Fungsi dan Manfaat Penilaian, Evaluasi
Fungsi Penilaian antara lain :
Alat seleksi.
Alat pengukur keberhasilan.
Alat penempatan.
Alat diagnistik.
Manfaat Penilaian antara lain :
Bisa mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik.
Agar menjadi acuan bagi peserta didik untuk lebih semangat dalam belajar.
Peserta didik bisa lebih memahami dalam setiap mata pelajaran (materi).






Menentukan Validitas
Menentukan Validitas Butir dan Validitas Vaktor

Tabel 1.1
TABEL ANALISIS ITEM UNTUK PERHITUNGAN VALIDITAS ITEM



No Butir/Subjek 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Skor
Faktor y²

1 Hendra Diawan 1 0 1 0 0 1 0 0 1 1 1 1 1 0 1 9 81
2 Rifaldi Tansyah R 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 0 0 1 1 1 11 121
3 Eka Kurniatin 1 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1 0 1 0 7 49
4 Deska Hendrawan 1 1 0 0 1 0 1 0 1 0 0 0 1 0 1 7 49
5 Ali Ropsanjani 1 1 1 1 1 0 0 0 1 0 0 0 1 1 1 9 81
6 Novi Tri Lestari 1 0 1 0 1 0 0 1 1 0 1 1 0 0 0 7 49
7 Susilawati 1 0 1 1 1 0 0 1 0 1 0 0 1 0 0 7 49
8 Regi Hidayat 1 1 1 1 1 1 1 0 0 0 0 0 0 1 0 8 64
9 Doni Alfian 1 1 1 0 0 0 0 1 0 0 1 1 1 0 1 8 64
10 Hendra Sutisna 1 0 1 0 0 1 1 0 0 1 0 0 0 1 1 7 49
11 Widia Rohaeni 1 0 1 0 0 0 0 1 0 1 1 1 0 0 1 7 49
12 Verawati 1 1 1 1 0 1 0 0 0 1 0 1 0 1 0 8 64
13 Sinta Yulianti 1 1 1 0 0 0 1 1 0 0 0 1 1 1 0 8 64
14 Andi Sanusi 1 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 1 0 0 1 9 81
15 Febi Putra Anugrah 1 1 1 1 0 1 0 0 1 0 0 0 1 1 0 8 64
16 Dirwanto 1 1 1 0 1 0 1 0 0 1 1 1 0 1 1 10 100
17 Ela Juliawati 1 1 1 1 0 0 1 0 0 1 0 0 0 1 0 7 49
18 Ria Risnawati 1 1 1 1 0 1 0 0 1 1 0 0 0 1 0 8 64
19 Rina Amelia 1 1 1 0 1 0 0 1 1 1 0 1 0 1 0 9 81
20 Siti Marfuah 1 1 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 1 0 1 12 144
Jumlah 20 14 17 10 10 9 8 7 9 12 8 11 9 12 10 166 1416
Validitas Butir dan Validitas Faktor






Menentukan Valid Item Butir Soal
Tabel 1.2
Menganalisis Butir Soal
(Soal Pilihan Ganda)
Tabel 1.2.1
Butir Soal No. 1
NO Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 1 7 1 49 7
4 Deska hendrawan 1 7 1 49 7
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 1 7 1 49 7
7 Susilawati 1 7 1 49 7
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 1 7 1 49 7
11 Widia Rohaeni 1 7 1 49 7
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 1 7 1 49 7
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 20 166 20 1416 166

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 166 – 20 x 166
√((20 x 20-〖20〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 3320 – 3320 = 0 = 0
√((400-400)(28320 -27556)) √(0 x 764) 0


Tabel 1.2.2
Butir Soal No. 2
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 0 9 0 81 0
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 1 7 1 49 7
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 1 7 1 49 7
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 14 166 14 1416 122

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 122 – 14 x 166
√((20 x 14-〖14〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 2440 – 2324
√((280-196)(28320 -27556))

= 116
√(84 x 764)

= 116 = 116 = 0,457
√64176 253,32
Tabel 1.2.3
Butir Soal No. 3
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 0 11 0 121 0
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 1 7 1 49 7
7 Susilawati 1 7 1 49 7
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 1 7 1 49 7
11 Widia Rohaeni 1 7 1 49 7
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 1 7 1 49 7
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 17 166 17 1416 141

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y) √({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)
= 20 x 141 – 17 x 166 √((20 x 17-〖17〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))
= 2820 – 2822 √((340-289)(28320 -27556))
= -2
√(51 x 764)
= -2 = -2 = -0,010
√38964 197,39


Tabel 1.2.4
Butir Soal No. 4
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 0 9 0 81 0
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 1 7 1 49 7
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 0 8 0 64 0
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 0 8 0 64 0
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 0 10 0 100 0
17 Ela Juliawati 1 7 1 49 7
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 0 9 0 81 0
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 10 166 10 1416 87

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 87 – 10 x 166
√((20 x 10-〖10〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1740 – 1660
√((200-100)(28320 -27556))

= 80
√(100 x 764)

= 80 = 80 = 0,289
√76400 276,40
Tabel 1.2.5
Butir Soal No.5
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 0 9 0 81 0
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 1 7 1 49 7
4 Deska hendrawan 1 7 1 49 7
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 1 7 1 49 7
7 Susilawati 1 7 1 49 7
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 0 8 0 64 0
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 0 8 0 64 0
13 Sinta Yulianti 0 8 0 64 0
14 Andi Sanusi 0 9 0 81 0
15 Febi Putra Anugrah 0 8 0 64 0
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 0 8 0 64 0
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 10 166 10 1416 87

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 87 – 10 x 166
√((20 x 10-〖10〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1740 – 1660
√((200-100)(28320 -27556))

= 80
√(100 x 764)

= 80 = 80 = 0,289
√76400 276,40
Tabel 1.2.6
Butir Soal No.6
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 0 9 0 81 0
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 0 8 0 64 0
10 Hendra Sutisna 1 7 1 49 7
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 0 8 0 64 0
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 0 10 0 100 0
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 0 9 0 81 0
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 9 166 9 1416 80

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 80 – 9 x 166
√((20 x 9-9^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1600 – 1494
√((180-81)(28320 -27556))

= 106
√(99 x 764)

= 106 = 106 = 0,383
√75636 276,40
Tabel 1.2.7
Butir Soal No.7
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 0 9 0 81 0
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 1 7 1 49 7
4 Deska hendrawan 1 7 1 49 7
5 Ali Ropsanjani 0 9 0 81 0
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 0 8 0 64 0
10 Hendra Sutisna 1 7 1 49 7
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 0 8 0 64 0
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 0 9 0 81 0
15 Febi Putra Anugrah 0 8 0 64 0
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 1 7 1 49 7
18 Ria Risnawati 0 8 0 64 0
19 Rina Amelia 0 9 0 81 0
20 Siti Marfuah 0 12 0 144 0
Jumlah 8 166 8 1416 65

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 65 – 9 x 166
√((20 x 8-8^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1300 – 1328
√((160-64)(28320 -27556))

= -28
√(96 x 764)

= -28 = -28 = -0,103
√753344 276,40
Tabel 1.2.8
Butir Soal No.8
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 0 9 0 81 0
2 Rifaldi Tansyah R 0 11 0 121 0
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 0 9 0 81 0
6 Novi Tri Lestari 1 7 1 49 7
7 Susilawati 1 7 1 49 7
8 Regi Hidayat 0 8 0 64 0
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 1 7 1 49 7
12 Verawati 0 8 0 64 0
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 0 9 0 81 0
15 Febi Putra Anugrah 0 8 0 64 0
16 Dirwanto 0 10 0 100 0
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 0 8 0 64 0
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 7 166 7 1416 58

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 58 – 7 x 166
√((20 x 7-7^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1160 – 1162
√((140-49)(28320 -27556))

= -2
√(111 x 764)

= -2 = 106 = -0,006
√84804 291,21
Tabel 1.2.9
Butir Soal No.9
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 1 7 1 49 7
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 1 7 1 49 7
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 0 8 0 64 0
9 Doni Alfian 0 8 0 64 0
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 0 8 0 64 0
13 Sinta Yulianti 0 8 0 64 0
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 0 10 0 100 0
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 0 12 0 144 0
Jumlah 9 166 9 1416 77

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 77 – 9 x 166
√((20 x 9-9^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1540 – 5994
√((180-81)(28320 -27556))

= -4554
√(99 x 764)

= -4554 = -4554 = -17,76
√65742 256,41
Tabel 1.2.10
Butir Soal No.10
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 1 7 1 49 7
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 0 9 0 81 0
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 1 7 1 49 7
8 Regi Hidayat 0 8 0 64 0
9 Doni Alfian 0 8 0 64 0
10 Hendra Sutisna 1 7 1 49 7
11 Widia Rohaeni 1 7 1 49 7
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 0 8 0 64 0
14 Andi Sanusi 0 9 0 81 0
15 Febi Putra Anugrah 0 8 0 64 0
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 1 7 1 49 7
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 12 166 12 1416 102

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 102 – 12 x 166
√((20 x 12-〖12〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 2040 – 1992
√((240-144)(28320 -27556))

= 48
√(96 x 764)

= 48 = 48 = 0,177
√73304 270,74
Tabel 1.2.11
Butir Soal No.11
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 0 11 0 121 0
3 Eka Kurniatin 1 7 1 49 7
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 0 9 0 81 0
6 Novi Tri Lestari 1 7 1 49 7
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 0 8 0 64 0
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 1 7 1 49 7
12 Verawati 0 8 0 64 0
13 Sinta Yulianti 0 8 0 64 0
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 0 8 0 64 0
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 0 8 0 64 0
19 Rina Amelia 0 9 0 81 0
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 8 166 8 1416 69

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 69 – 8 x 166
√((20 x 8-8^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1380 – 1128
√((160-64)(28320 -27556))

= 252
√(96 x 764)

= 252 = 252 = 0,930
√73304 270,74
Tabel 1.2.12
Butir Soal No.12
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 0 11 0 121 0
3 Eka Kurniatin 1 7 1 49 7
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 0 9 0 81 0
6 Novi Tri Lestari 1 7 1 49 7
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 0 8 0 64 0
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 1 7 1 49 7
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 0 8 0 64 0
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 0 8 0 64 0
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 11 166 11 1416 94

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 94 – 11 x 166
√((20 x 11-〖11〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1880 – 1826
√((220-121)(28320 -27556))

= 54
√(99 x 764)

= 54 = 54 = 0,196
√75592 274,93
Tabel 1.2.13
Butir Soal No.13
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 1 7 1 49 7
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 1 7 1 49 7
8 Regi Hidayat 0 8 0 64 0
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 0 7 0 49 0
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 0 8 0 64 0
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 0 9 0 81 0
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 0 10 0 100 0
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 0 8 0 64 0
19 Rina Amelia 0 9 0 81 0
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 9 166 9 1416 79

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 79 – 11 x 166
√((20 x 9-9^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1580 – 5994
√((180-81)(28320 -27556))

= -4414
√(99 x 764)

= -4414 = -4414 = -17,215
√75592 256,40
Tabel 1.2.14
Butir Soal No.14
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 0 9 0 81 0
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 1 7 1 49 7
4 Deska hendrawan 0 7 0 49 0
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 1 8 1 64 8
9 Doni Alfian 0 8 0 64 0
10 Hendra Sutisna 1 7 1 49 7
11 Widia Rohaeni 0 7 0 49 0
12 Verawati 1 8 1 64 8
13 Sinta Yulianti 1 8 1 64 8
14 Andi Sanusi 0 9 0 81 0
15 Febi Putra Anugrah 1 8 1 64 8
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 1 7 1 49 7
18 Ria Risnawati 1 8 1 64 8
19 Rina Amelia 1 9 1 81 9
20 Siti Marfuah 0 12 0 144 0
Jumlah 12 166 12 1416 100

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 100 – 12 x 166
√((20 x 12-〖12〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 2000 – 1992
√((180-81)(28320 -27556))

= 8
√(96 x 764)

= 8 = 8 = 0,029
√73304 270,74
Tabel 1.2.15
Butir Soal No.15
No Nama X Y X² Y² XY
1 Hendra Diawan 1 9 1 81 9
2 Rifaldi Tansyah R 1 11 1 121 11
3 Eka Kurniatin 0 7 0 49 0
4 Deska hendrawan 1 7 1 49 7
5 Ali Ropsanjani 1 9 1 81 9
6 Novi Tri Lestari 0 7 0 49 0
7 Susilawati 0 7 0 49 0
8 Regi Hidayat 0 8 0 64 0
9 Doni Alfian 1 8 1 64 8
10 Hendra Sutisna 1 7 1 49 7
11 Widia Rohaeni 1 7 1 49 7
12 Verawati 0 8 0 64 0
13 Sinta Yulianti 0 8 0 64 0
14 Andi Sanusi 1 9 1 81 9
15 Febi Putra Anugrah 0 8 0 64 0
16 Dirwanto 1 10 1 100 10
17 Ela Juliawati 0 7 0 49 0
18 Ria Risnawati 0 8 0 64 0
19 Rina Amelia 0 9 0 81 0
20 Siti Marfuah 1 12 1 144 12
Jumlah 10 166 10 1416 89

rxy = N∑xy – (∑x) (∑y)
√({N∑X^2- (∑X)^2 }{N∑Y^2-(∑Y)²)

= 20 x 89 – 12 x 166
√((20 x 10-〖10〗^2 )(20 x 1416-〖166〗^2))

= 1780 - 1660
√((200-100)(28320 -27556))

= 120
√(100 x 764)

= 120 = 120 = 0,434
√76400 276,40
Menentukan Reliabilitas
Tabel 1.3
TABEL ANALISIS ITEM UNTUK MENCARI RELIABILITAS DENGAN RUMUS HOYT

No Nama Nomor Item ∑xt ∑xt²
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
1 Hendra 1 0 1 0 0 1 0 0 1 1 1 1 1 0 1 9 81
2 Rifaldi 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 0 0 1 1 1 11 121
3 Eka 1 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1 0 1 0 7 49
4 Deska 1 1 0 0 1 0 1 0 1 0 0 0 1 0 1 7 49
5 Ali 1 1 1 1 1 0 0 0 1 0 0 0 1 1 1 9 81
6 Novi 1 0 1 0 1 0 0 1 1 0 1 1 0 0 0 7 49
7 Susi 1 0 1 1 1 0 0 1 0 1 0 0 1 0 0 7 49
8 Regi 1 1 1 1 1 1 1 0 0 0 0 0 0 1 0 8 64
9 Doni 1 1 1 0 0 0 0 1 0 0 1 1 1 0 1 8 64
10 Hendra 1 0 1 0 0 1 1 0 0 1 0 0 0 1 1 7 49
11 Widia 1 0 1 0 0 0 0 1 0 1 1 1 0 0 1 7 49
12 Vera 1 1 1 1 0 1 0 0 0 1 0 1 0 1 0 8 64
13 Sinta 1 1 1 0 0 0 1 1 0 0 0 1 1 1 0 8 64
14 Andi 1 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 1 0 0 1 9 81
15 Febi 1 1 1 1 0 1 0 0 1 0 0 0 1 1 0 8 64
16 Dirwan 1 1 1 0 1 0 1 0 0 1 1 1 0 1 1 10 100
17 Ela 1 1 1 1 0 0 1 0 0 1 0 0 0 1 0 7 49
18 Ria 1 1 1 1 0 1 0 0 1 1 0 0 0 1 0 8 64
19 Rina 1 1 1 0 1 0 0 1 1 1 0 1 0 1 0 9 81
20 Siti 1 1 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 1 0 1 12 144
∑B 20 14 17 10 10 9 8 7 9 12 8 11 9 12 10 166 1416
∑x² 400 196 289 100 100 81 64 49 81 144 64 121 81 144 100
∑B² 2014
∑S 0 6 3 10 10 11 12 13 11 8 12 9 11 8 10 134
Menghitung Reliabilitas

Langkah 1. Mencari jumlah kudrat responden dengan rumus:
Jk(r) = ∑Xt2 - (∑Xt)2
K (k N)
= 1416 - 1662
15 15 x 20
= 94,4 - 27556
300
= 94,4 - 91,85 = 2,55
Langkah 2. Mencari kuadrat item dengan rumus:
Jk(i) = ∑X² - (∑Xt)2
N k x N
= 2014 - 1662
20 15 x 20
= 319,7 - 27556
300
= 319,7 - 91,85 = 227,85
Langkah 3. Mencari kuadrat total dengan rumus:
Jk(t) = (∑B) (∑S)
(∑B) + (∑S)
= 166 x 134
166 + 134
= 22244 = 374,14
300
Langkah 4. Mencari kudrat sisa dengan rumus:
Jk_((s)) = Jk_((t)) - Jk_((r)) - Jk_((i))
= 374,14 – 2,55 – 227,85
= 143,74
Langkah 5. Mencari varians responden dan varians sisa dengan tabel F.
Sumber Variansi Jumlah Kuadrat d.b Variansi
Responden 2,55 19
(20-1) 2,55 = 0,134
19
Item 227,85 14
(15-1) 277,85 = 16,275
14
Sisa 143,74 266
(299-19-14) 143,74 = 0,540
266
Total 230,4 299
(300-1)
Langkah 6. Memasukkan ke dalam rumus r_11
r11 = 1 –
= 1 – = 1 – 4,029 = -3.029

Menghitung Reliabilitas Item dengan rumus Alpha
Tabel 1.4
Mencari Reliabilitas dengan rumus Alpha
No Nama Nomor Item Skor total Kuadrat Skor Total
1 2 3 4 5
1 Hendra Diawan 2 3 3 1 0 9 81
2 Rifaldi Tansyah R 2 2 0 1 0 5 25
3 Eka Kurniatin 2 2 3 0 0 7 49
4 Deska hendrawan 2 2 3 0 0 7 49
5 Ali Ropsanjani 2 0 3 1 1 7 49
6 Novi Tri Lestari 2 1 0 1 0 4 16
7 Susilawati 2 1 0 0 1 4 16
8 Regi Hidayat 2 0 3 1 1 7 49
9 Doni Alfian 2 2 0 0 0 4 16
10 Hendra Sutisna 2 0 2 0 0 4 16
11 Widia Rohaeni 2 2 0 0 1 5 25
12 Verawati 2 0 3 1 0 6 36
13 Sinta Yulianti 2 2 0 0 1 5 25
14 Andi Sanusi 2 0 3 0 0 5 25
15 Febi Putra Anugrah 2 2 3 2 0 9 81
16 Dirwanto 2 3 3 3 1 12 144
17 Ela Juliawati 2 0 0 1 1 4 16
18 Ria Risnawati 2 0 3 1 0 6 36
19 Rina Amelia 2 2 0 0 0 4 16
20 Siti Marfuah 2 3 3 2 2 12 144
Jumlah 40 27 35 15 9 126 914
Jumlah Kuadrat 80 65 107 25 11 818

Dengan data yang tertera dalam tabel, dicari varians tiap-tiap item dahulu baru dihitung.


Rumus varians:
σ² = (∑▒〖X^2- 〖(∑▒〖X)〗〗^2/N〗)/N
〖σ^2〗_(〖(1)〗^* ) = (∑▒〖X^2- 〖(∑▒〖X)〗〗^2/N〗)/N = (80 - 40²/20)/20 = (80-160)/20 = (-80)/20 = - 4
〖σ^2〗_(〖(2)〗^* ) = (∑▒〖X^2- 〖(∑▒〖X)〗〗^2/N〗)/N = (65 - 27²/20)/20 = (65-36,45)/20 = 28,55/20 = 1,42
〖σ^2〗_(〖(3)〗^* ) = (∑▒〖X^2- 〖(∑▒〖X)〗〗^2/N〗)/N = (107 - 35²/20)/20 = (107-61,25)/20 = 45,75/20 = 2,28
〖σ^2〗_(〖(4)〗^* ) = (∑▒〖X^2- 〖(∑▒〖X)〗〗^2/N〗)/N = (25 - 15²/20)/20 = (25 – 11,25)/20 = 13,75/20 = 0,68
〖σ^2〗_(〖(5)〗^* ) = (∑▒〖X^2- 〖(∑▒〖X)〗〗^2/N〗)/N = (11 - 9²/20)/20 = (11 – 4,05)/20 = 6,95/20 = 0,34

(∑▒〖"σ" ^"2" 〗_"i" )=-4+1,42+2,28+0,68+0,34=0,72
Varians total = (914 - 126²/20)/20 = (914 – 793,8)/20 = 120,2/20 = 6,01
Dimasukan kedalam rumus Alpha
r11 = ( n/((n-1) ) )( 1 – (∑▒σ_t^2 )/(σ_t^2 ))= 5/(5-1) × (1- 0,72/6,01)
= 5/4 × (1- 0,112) = 5/4 × 0,888 = 1,11





Mencari Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda
Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda dan Option Pengecoh
Tabel 1.5
No Soal Kunci Jawaban Hendra Rifaldi Eka Deska Ali Novi Susi Regi Doni Hendra Widia Vera Sinta Andi Febi Dirwan Ela Ria Rina Siti

1 B B B B B B B B B B B B B B B B B B B B B
2 B A B A B B A C B B A A B B B B B B B B B
3 B B A C A B B B B B B B B B B B B B B B B
4 B C B D C B A B B A C C B A B B A B B A B
5 B A B B B B B B B C A A B C A A B A A B B
6 B B B D D B C D B C B D A D B B C D B C B
7 B C B B B D C D B D B D B B C C B B C D D
8 B C D A D A B B A B D B C B C D C C C B B
9 B B B C B C B A C A C C A D B B A D B B A
10 B B B B D B D B C C B B B C D C B B B B B
11 B B A B D A B A C B A B D C B A B A D C B
12 B B C B A A B A D B D B A B B A B A D B B
13 B B B A B D D B A B A A C B A B D C A A B
14 C D C C D C D D C D C D C C D C C C C C D
15 B B B A B B C C A B B B D A B A B A A D B
Nilai 9 11 7 7 9 7 7 8 8 7 7 8 8 9 8 10 7 8 9 12
Kelas A A B B A B B A B B B A B A A A B B A A

Ket
A = Jumlah Kelas Atas
B = Jumlah kelas bawah
Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda

Tingkat kesukaran
Tingkat kesukaran untuk soal pilihan ganda :
Siswa > 30, Jsa 27% dan Jsb 27%
Siswa < 30, Jsa 50% dan Jsb 50%
TK= (JBa+JBb)/(JSa+JSb)
TK = 0.00 terlalu sukar
0.00< TK £ 0.30 sukar
0.30 < TK £ 0.70 sedang
0.70 < TK < 1.00 mudah
TK = 1.00 terlalu mudah

Untuk soal nomor 1
TK=(10+10)/20= 20/20=1
Terlalu Mudah

Untuk soal nomor 2
TK=(9+5)/20= 14/20=0,7
Mudah

Untuk soal nomor 3
TK=(9+8)/(10+10)= 17/20=0,85
Mudah

Untuk soal nomor 4
TK=(7+3)/(10+10)= 10/20= 0,5
Sedang
Untuk soal nomor 5
TK=(7+4)/(10+10)= 11/20= 0,55
Sedang
Untuk soal nomor 6
TK=(7+2)/(10+10)= 9/20=0,45
Sedang

Untuk soal nomor 7
TK=(4+5 )/(10+10)= 9/20=0,45
Sedang

Untuk soal nomor 8
TK=(2+5)/(10+10)= 7/20= 0,35
Sukar

Untuk soal nomor 9
TK=(5+3)/(10+10)= 8/20=0,4
Sukar

Untuk soal nomor 10
TK=(7+6)/(10+10)= 13/20=0,65
Sedang

Untuk soal nomor 11
TK=(4+4)/(10+10)= 8/20= 0,4
Sukar

Untuk soal nomor 12
TK=(5+5)/(10+10)= 10/20= 0,5
Sedang

Untuk soal nomor 13
TK=(4+4)/(10+10)= 8/20= 0,4
Sukar

Untuk soal nomor 14
TK=(7+5)/(10+10)= 12/20=0,6
Sedang



Untuk soal nomor 15
TK=(6+4)/(10+10)= 10/20= 0,5
Sedang
Tingkat kesukaran untuk soal essay
TK = X ̅/SMI

Untuk soal nomor 1
TK=(40/20)/5= 2/5 =0,4
Sedang
Untuk soal nomor 2
TK=(27/20)/5= 1,35/5 =0,27
Sukar
Untuk soal nomor 3
TK=(35/20)/( 5 )= 1,75/5 =0,35
Sedang
Untuk soal nomor 4
TK=(15/20)/5= 0,75/5 =0,15
Sukar
Untuk soal nomor 5
TK=(9/20)/5= 0,45/5 =0,09
Sukar
Daya pembeda
Daya pembeda untuk soal pilihan ganda :
DP = (JBa-JBb)/JSa

Untuk soal nomor 1
DP=(10-10)/10= 0/15 = 0
Sangat Jelek

Untuk soal nomor 2
DP=(9-5)/10= 4/10=0,4
Cukup
Untuk soal nomor 3
DP=(9-8)/10= 1/10 = 0,1
Jelek

Untuk soal nomor 4
DP=(7-3)/10= 4/10=0,4
Cukup

Untuk soal nomor 5
DP=(7-4)/10= 3/10=0,3
Cukup

Untuk soal nomor 6
DP=(7-2)/10= 5/10=0,5
Baik

Untuk soal nomor 7
DP=(4-5)/10=(-1)/10= -0,1
Sangat Jelek

Untuk soal nomor 8
DP=(2-5)/10=(-3)/10= -0,3
Sangat Jelek

Untuk soal nomor 9
DP=(5-3)/10=2/10=0,2
Cukup

Untuk soal nomor 10
DP=(7-6)/10=2/10=0,2
Cukup

Untuk soal nomor 12
DP=(4-4)/10= 0/10 =0
Jelek

Untuk soal nomor 12
DP=(5-5)/10= 0/10 =0
Jelek

Untuk soal nomor 13
DP=(4-4)/10= 0/10 =0
Jelek

Untuk soal nomor 14
DP=(7-5)/10= 2/10 =0,2
Cukup

Untuk soal nomor 15
DP=(6-4)/10=2/10=0,2
Cukup

Daya pembeda untuk soal essay
DP = (X ̅A- X ̅B )/SMI
Untuk soal nomor 1
DP=(2-2)/3= 0
Sangat Jelek

Untuk soal nomor 2
DP=(1,5-1,2)/3= 0,1
Jelek

Untuk soal nomor 3
DP=(3-0,5)/3= 0,83
Sangat Baik

Untuk soal nomor 4
DP=(1,2-0,3)/3=0,3
Cukup

Untuk soal nomor 5
DP=(0,5-0,4)/3= 0,03
Jelek

Faktor Pengecoh

Option kunci, efektif bila:
0,25 < (JBa -JBb)/(JSa-JSb) < 0,75
Option Pengecoh, efektif bila :
Jpa + JPb ≥ 1/4 {(JSa+JSb)/(2(n-1))}
Soal nomor 1
Option kunci (B)
0,25 ≤ (10+10)/(10+10) ≤0,75
0,25 ≤ 0/0 ≤0,75
0,25 ≤1≥ 0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
0+0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0≥ 1/4 {20/6}
0≤0,83
Jadi, tidak efektif

Option C
0+1 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
1 ≥ 1/4 {20/6}
1≥0,83
Jadi, efektif

Option D
0 + 0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0 ≥ 1/4 {20/6}
0 ≤ 0,83
Jadi, tidak efektif


Soal nomor 2
Option kunci (B)
0,25 ≤ (9+5)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 14/20 ≤0,75
0,25 ≤0,7 ≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
1 +4≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
5 ≥ 1/4 {20/6}
5 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
0 + 1 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
1 ≥ 1/4 {20/6}
1 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
0 +0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0≥ 1/4 {20/6}
0 ≤0,83
Jadi, tidak efektif

Soal nomor 3
Option kunci (B)
0,25 ≤ (9+8)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 17/20 ≤0,75
0,25 ≤0,85≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
1 +1≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
2 ≥ 1/4 {20/6}
2 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
0 + 1 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
1 ≥ 1/4 {20/6}
1 ≤0,83
Jadi, efektif

Option D
0 +0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0≥ 1/4 {20/6}
0 ≤0,83
Jadi, tidak efektif

Soal nomor 4
Option kunci (B)
0,25 ≤ (7+3)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 10/20 ≤0,75
0,25 ≤0,5≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
2+3≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
5 ≥ 1/4 {20/6}
5 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
1+3 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
4 ≥ 1/4 {20/6}
4 ≤0,83
Jadi, efektif

Option D
0+1 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
1≥ 1/4 {20/6}
1 ≤0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 5
Option kunci (B)
0,25 ≤ (7+4)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 11/20 ≤0,75
0,25 ≤0,55≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
3+4≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
7 ≥ 1/4 {20/6}
7 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
0+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
2 ≥ 1/4 {20/6}
2 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
0+0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0≥ 1/4 {20/6}
0 ≤0,83
Jadi, efektif




Soal nomor 6
Option kunci (B)
0,25 ≤ (7+2)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 9/20 ≤0,75
0,25 ≤0,45≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
1+0≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
1 ≥ 1/4 {20/6}
1 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
2+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
4 ≥ 1/4 {20/6}
4 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
0+6 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
6≥ 1/4 {20/6}
6 ≥0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 7
Option kunci (B)
0,25 ≤ (4+5)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 9/20 ≤0,75
0,25 ≤0,45≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
0+0≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0 ≥ 1/4 {20/6}
0 ≤0,83
Jadi, tidak efektif

Option C
3+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
5 ≥ 1/4 {20/6}
5 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
3+3 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
6≥ 1/4 {20/6}
6 ≥0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 8
Option kunci (B)
0,25 ≤ (2+5)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 7/20 ≤0,75
0,25 ≤0,35≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
2+1≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
3 ≥ 1/4 {20/6}
3 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
4+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
6 ≥ 1/4 {20/6}
6 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
0+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
2≥ 1/4 {20/6}
2 ≥0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 9
Option kunci (B)
0,25 ≤ (5+3)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 8/20 ≤0,75
0,25 ≤0,4≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
3+2≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
5 ≥ 1/4 {20/6}
5 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
2+3 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
5 ≥ 1/4 {20/6}
5 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
0+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
2≥ 1/4 {20/6}
2 ≥0,83
Jadi, efektif




Soal nomor 10
Option kunci (B)
0,25 ≤ (7+6)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 13/20 ≤0,75
0,25 ≤0,65≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
0+0≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0 ≥ 1/4 {20/6}
0 ≤0,83
Jadi, tidak efektif

Option C
2+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
4 ≥ 1/4 {20/6}
4 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
1+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
3≥ 1/4 {20/6}
3 ≥0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 11
Option kunci (B)
0,25 ≤ (4+4)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 8/20 ≤0,75
0,25 ≤0,4≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
3+3≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
6 ≥ 1/4 {20/6}
6 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
2+1 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
3 ≥ 1/4 {20/6}
3 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
1+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
3≥ 1/4 {20/6}
3 ≥0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 12
Option kunci (B)
0,25 ≤ (5+5)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 10/20 ≤0,75
0,25 ≤0,5≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
3+3≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
6 ≥ 1/4 {20/6}
6 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
1+0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
1≥ 1/4 {20/6}
1 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
1+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
3≥ 1/4 {20/6}
3 ≥0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 13
Option kunci (B)
0,25 ≤ (4+4)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 8/20 ≤0,75
0,25 ≤0,4≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
3+4≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
7≥ 1/4 {20/6}
7 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
1+1 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
2≥ 1/4 {20/6}
2 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
2+1 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
3≥ 1/4 {20/6}
3 ≥0,83
Jadi, efektif



Soal nomor 14
Option kunci (C)
0,25 ≤ (7+5)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 12/20 ≤0,75
0,25 ≤0,6≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
0+0≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0 ≥ 1/4 {20/6}
0 ≤0,83
Jadi, tidak efektif

Option B
0+0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
0≥ 1/4 {20/6}
0 ≤0,83
Jadi, tidak efektif

Option D
3+5 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
8≥ 1/4 {20/6}
8 ≥0,83
Jadi, efektif

Soal nomor 15
Option kunci (B)
0,25 ≤ (6+4)/20 ≤0,75
0,25 ≤ 10/20 ≤0,75
0,25 ≤0,5≥0,75
Jadi, efektif

Option pengecoh
Option A
2+4≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
6≥ 1/4 {20/6}
6 ≥0,83
Jadi, efektif

Option C
0+2 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
2≥ 1/4 {20/6}
2 ≥0,83
Jadi, efektif

Option D
2+0 ≥ 1/4 {(10+10)/2(4-1) }
2≥ 1/4 {20/6}
2 ≥0,83
Jadi, efektif

















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dalam Menganalisis Soal, dengan Mencari Validitas, Reliabilitas, Menganalisis Butir Soal,dan Mencari Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda serta Option Pengecoh pada kelas VIII SMPN 4 Pagaden Subang, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
Menganalisis soal, sebanyak 15 soal, yang diberikan kepada 20 siswa kelas VIII SMPN 4 Pagaden Subang. Menghasilkan kesimpulan yang cukup memuaskan.
Berdasarkan hasil analisis pilihan ganda Butir soal nomor 1 = 0 (valid), Butir soal nomor 2 = 0,457 (tidk Valid), Butir soal nomor 3 = -0,010 (tidak Valid), Butir soal nomor 4 = 0,289 (tidak Valid), Butir soal nomor 5 = 0,289 (tidak Valid), Butir soal nomor 6 = 0,383 (tidak Valid), Butir soal nomor 7 = -0,103 (tidak Valid), Butir soal nomor 8 = -0,006 (tidak Valid), Butir soal nomor 9 = -17,76 (tidak Valid), Butir soal nomor 10 = 0,177 (tidak Valid), Butir soal nomor 11 = 0,930 (tidak Valid), Butir soal nomor 12 = 0,196 (tidak Valid), Butir soal nomor 13 = -17,215 (tidak Valid), Butir soal nomor 14 = 0,029 (tidak Valid), Butir soal nomor 15 = 0,434 (tidak Valid).
Hasil reliabilitas berdasarkan kudrat responden adalah 2,55, hasil kuadrat item adalah 227,85, hasil kuadrat total adalah 374,14, hasil kudrat sisa 143,74, Dengan menggunakan rumus r_11 hasilnya -3.029. hasil varians responden dan varians sisa adalah sebagai berikut :
Sumber Variansi Jumlah Kuadrat d.b Variansi
Responden 2,55 19
(20-1) 2,55 = 0,134
19
Item 227,85 14
(15-1) 277,85 = 16,275
14
Sisa 143,74 266
(299-19-14) 143,74 = 0,540
266
Total 230,4 299
(300-1)

Tingkat kesukaran Pilihan ganda, butir soal no.1 =1 (terlalu mudah), butir soal no. 2 = 0,7 (mudah), butir soal no.3 = 0,85 (mudah), butir soal no.4 = 0,5 (sedang), butir soal no.5 = 0,55 (sedang), butir soal no.6 = 0,45 (sedang), butir soal no.7 = 0,45 (sedang), butir soal no.8 = 0,35 (sukar), butir soal no.9 = 0,4 (sukar), butir soal no.10 = 0,65 (sedang), butir soal no.11 = 0,4 (sukar), butir soal no.12 = 0,5 (sedang), butir soal no.13 = 0,4 (sukar), butir soal no.14 = 0,6 (sedang), butir soal no.15 = 0,5 (sedang). Sedangkan kesukaran dalam essay : butir soal no.1 = 0,4 (sedang), butir soal no.2 = 0,27 (sukar), butir soal no.3 = 0,35 (sedang), butir soal no.4 = 0,15 (sukar), butir soal no.5 = 0,09 (sukar).
Daya Pembeda dalam pilihan ganda, butir soal no.1 = 0 (sangat jelek), butir soal no.2 = 0,4 (cukup), butir soal no.3 = 0,1 (jelek), butir soal no.4 = 0,4 (cukup), butir soal no.5 = 0,3 (cukup), butir soal no.6 = 0,5 (baik), butir soal no.7 = -0,1 (sangat jelek), butir soal no.8 = -0,3 (sangat jelek), butir soal no.9 = 0,2 (cukup), butir soal no.10 = 0,2 (sangat jelek), butir soal no.11 = 0 (jelek), butir soal no.12 = 0 (jelek), butir soal no.13 = 0 (jelek), butir soal no.14 = 0,2 (sangat jelek), butir soal no.15 = 0,2 (sangat jelek). Sedangkan Daya Pembeda dalam essay adalah butir soal no.1 = 0 (sangat jelek), butir soal no.2 = 0,1 (jelek), butir soal no.3 = 0,83 (cukup), butir soal no.4 = 0,3 (cukup), butir soal no.5 = 0,03 (jelek).
Saran
Berdasarkan dari hasil perhitungan analisis pada bab sebelumya, maka penulis akan membuat saran-saran yang mungkin penting bagi banyak pihak. Adapun saran-sarannya sebagai berikut :
Siswa harus lebih banyak belajar, dengan mempermisalkan apa yang ada di sekeliling kita. Dengan dorongan dari para guru.
Kepala sekolah, orang tua dan para guru harus lebih mendisiplinkan belajar sswa, agar siswa tersebut dapat belajar dan menerima pelajaran dengan baik, serta mengerti.





DAFTAR PUSTAKA
Amir Daien Indrakusuma : Evaluasi Pendidikan. Jilid 1 Sendiri. 1975
Remmers H.H and Gade N.L.: A Practical Introduction to Measurement and Evaluation, Harper & Row, New York 1960
Wuradji Drs.: Dasar-dasar Pengukuran dan Penelitian Hasil Belajar, Penerbit DINA Yogyakarta,1978.
Sternberg, R.G., 1986, Applied Intellegence, Boston: Harcourt Brace, Janovich.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COment mY bLog yUa...